Puskesmas Wates

Pendahuluan

PUSKESMAS RAWAT JALAN WATES

Jl.lawu Raya  Wates Kec. Magersari Kota Mojokerto
Telp. 0321 – 330144
[email protected]

A. Latar Belakang

Undang-undang No. 36 tahun 2009 mengamanatkan bahwa  pemerintah harus menyediakan pelayanan kesehatang yang bermutu,aman,efisien,terjangkau dan merata. Sebagai unit pelaksana tehnis Dinas kesehatan (UPTD), Puskesmas mempunyai 4 fungsi yaitu sebagai pusat pemberdayaan masyarakat,sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat,sebagai pusat pelayanan kesehatan perorangan primer dan sebagai pusat rujukan kesehatan primer yang bertanggung jawab atas wilayah yang telah ditetapkan. Pelayanan kesehatan masyarakat sektor Pemerintah di Kabupaten/Kota terdiri atas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan.Puskesmas dengan kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakatnya menyebabkan puskesmas mempunyai  peran penting dalam meningkatkan daya ungkit yang besar dalam pembangunan kesehatan di Indonesia karena Puskesmas menrupakan ujung tombak pembangunan kesehatan.

Penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang baik  untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat mempunyai banyak syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Tersedia  (available),
  • Wajar(appropriate),
  • Berkesinambungan(continue),
  • Dapat diterima(acceptable),
  • Dapat dicapai(accesible),
  • Dapat dijangkau(affordable),
  • Efisien(efficient),
  • Bermutu(quality)

Dengan semakin majunya ilmu dan teknologi serta pendidikan masyarakat, syarat mutu menjadi makin penting. Mudah dipahami karena apabila pelayanan kesehatan yang ber mutu diselenggarakan, bukan saja akan memperkecil kemungkinan timbulnya berbagai risiko, tetapi juga akan memenuhi kebutuhan dan tuntutan kesehatan masyrakat yang makin hari makin meningkat.

B. Visi:

“ Mewujudkan masyarakat Wates yang sehat dan sadar kesehatan dengan memberikan pelayanan kesehatan yang cepat, terjangkau berkualitas dan memuaskan diikuti dengan peningkatan upaya kesehatan berbasis masyarakat  “

C. Misi:

  • Menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas,aman dan terjangkau
  • Meningkatkan Profesional SDM
  • Melengkapi sarana dan prasarana yang bermutu sesuai kebutuhan masyarakat
  • Menciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman.
  • Meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam bidang kesehatan.
  • Mengembangkan Puskesmas  Wates sebagai Puskesmas Rujukan Mata dan Puskesmas Santun Lansia

D. Kebijakan Mutu:

“Menjadi Puskesmas Rawat Jalan yang unggul dalam penanganan dan pelayanan kesehatan di Kota Mojokerto“

E. Motto:

Unggul dalam penanganan dan pelayanan, kepuasan anda komitmen kami

F. Kredo: “GELORA”

G             = GARDA DEPAN MASYARAKAT
E              = EMPATI
L              = LOYAL
O             = ONGKOS TERJANGKAU
R             = RAMAH
A             = AMAN BERKUALITAS  DAN TERJANGKAU

G. TUJUAN

Tujuan dari Penyusunan Profil Puskesmas Wates  adalah

  • Mengenalkan Puskesmas Wates agar lebih dekat ke masyarakat
  • Mengenalkan  fungsi dan pelayanan puskesmas Wates
  • Meningkatkan akses masyarakat ke pelayanan kesehatan yang berkualitas
  • Meningkatkan  kemandirian dan peran serta masyarakat Wates dalam bidang kesehatan

H. SASARAN

Masyarakat luas terutama penduduk wilayah kelurahan Wates termasuk keluarga miskin agar dapat mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas, mampu berpartisipasi aktif dalam bidang kesehatan dan mampu mencapai derajat kesehatan secara optimal bagi diri dan keluarganya

Data Dasar

A. Data Umum

1. Wilayah Kerja

Luas Wilayah                                                      : 1,32 Km²

Jumlah Desa/Kelurahan: 1  kelurahan wates dengan batas sebagai berikut:

  • Utara     : Sungai Brantas
  • Timur    : Ds. Jati Kulon Kec Mojoanyar Kab. Mojokerto
  • Selatan : Kelurahan Kedundung, kelurahan Balongsari
  • Barat     : Kelurahan Magersari

2. Data Penduduk  tahun 2009

  • Jumlah penduduk seluruhnya                    : 18.605  orang
  • Jumlah Kepala Keluarga                                                :   4.876  KK
  • Jumlah KK miskin                                             :      481  KK (BAPPEKO)
  • Jumlah anggota Keluarga miskin                                :    1927  orang
  • Jumlah bayi< 1 tahun                                     :      270  orang
  • Jumlah anak balita 1-4 tahun                       :   1.077  orang
  • Jumlah anak pra sekolah 3-5 tahun          :      531  orang
  • Jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) (15-39 tahun)              :  3.744 orang
  • Julah ibu hamil                                                  :      297 orang
  • Jumlah ibu nifas                                                                :      273 orang
  • Jumlah ibu meneteki                                      :      552 orang
  • Jumlah ibu bersalin                                         :      273 orang

B. Data Khusus

1. Derajat Kesehatan

  • Jumlah Kematian ibu                          :     0 orang
  • Jumlah Kematian perinatal                               :     1 orang
  • Jumlah kematian neonatal                               :     3 orang
  • Jumlah lahir mati                                  :     2 orang
  • Jumlah lahir hidup                                                : 260 orang
  • Jumlah kematian bayi                         :     - orang
  • Jumlah kematian balita                      :     - orang (kelainan bawaan)

2. Ketenagaan

3. Sarana Kesehatan

  • Rumah Sakit Umum                        : 1 buah (swasta)
  • Puskesmas Pembantu                   : 1 buah
  • Praktek Dokter Swasta                  : 6 buah
  • Praktek Dokter Spesialis                               : 2 buah
  • Praktek Bidan swasta                     : 5 buah

4. Peran Serta Masyarakat:

  • Jumlah Kader Kesehatan              :  182  orang   Kader PSN 124 Org
  • Jumlah Kader Tiwisada                  :  70    orang
  • Jumlah Guru UKS                             :   11   orang
  • Jumlah Kader Usila                          : 175   orang
  • Jumlah Kelompok Usia Lanjut     :     1   Kelompok
  • Jumlah pengobat tradisionil        :   21   buah
  • Jumlah Posyandu                             :   26   Buah
  • Jumlah Posyandu Lansia                               :   20   Posy
  • Jumlah Pondok Pesantren           :     1   buah

5. Program Kesehatan Perbaikan Gizi

  • Jumlah Balita yang ada(S)                             : 1111 balita
  • Jumlah Balita yang punya KMS(K)             : 1111 balita
  • Jumlah balita yang ditimbang(D)               :   652 balita
  • Balita yang naik berat badannya(N)         :   368 balita
  • Jumlah bayi dengan ASI eksklusif              :       3 bayi
  • Jumlah balita gizi buruk yang ditemukan                :     11 balita
  • Jumlah bayi berat badan lahir rendah     :       9 bayi

6. Penyehatan Lingkungan

  • Jumlah TPA         yg ada/terdaftar                              :  0                   buah
  • Jumlah TPA yang memenuhi syarat                         :  0                    buah
  • Jumlah TPS yang ada/terdaftar                                  :  2/2                buah
  • Jumlah TPS yang memenuhi syarat                          :  2                    buah
  • Jumlah TTU         yg ada/terdaftar                              : 27/27           buah
  • Jumlah TTU yang memenuhi syarat                         : 18                   buah
  • Jumlah TPM       yg ada/terdaftar                              : 104/104       buah
  • Jumlah TPM       yg  laik sehat                                     : 30                   buah
  • Jumlah JAGA      yg ada/berfungsi                             : 6.633/4.633 buah
  • Jumlah SPAL       yg ada/ berfungsi                            : 4547 / 4547 buah
  • Jumlah Rumah yang ada                                               : 4.478           buah
  • Jumlah Rumah yang memenuhi syarat                   : 4.474           buah

7. KIA dan KB

  • Jumlah ibu hamil risiko tinggi yang ditemukan     :      57 orang
  • Jumlah ibu hamil dengan Hb, 11 gr %                       :      10 orang
  • Jumlah ibu hamil dengan LILA<23,5 cm                   :      15 orang
  • Jumlah akseptor aktif semua metode                     : 3.417 orang
  • Jumlah kasus efek samping semua metode         :      39 orang
  • Jumlah kasus komplikasi semua metode                               :        1 orang

8. Data Morbiditas

Angka Kesakitan Tahun 2009

Pola Penyakit 10 Penyakit terbesar:

Sarana & Fasilitas

A. Sarana Fisik:

Puskesmas Wates mempunyai tempat pelayanan:

1. Puskesmas Induk (Unit Rawat Jalan ) di Jl Lawu Raya no 1 , kelurahan Wates Kota Mojokerto.

2. Puskesmas Pembantu Bancang

Jl. May . Jen. Sungkono No 124 Kel Wates Kota Mojokerto

B. Sarana Medis

Puskesmas Wates dilengkapai sarana medis yang berkualitas bagi pelayanan masyarakat sesuai kewenangan yang dimiliki antara lain,

1. Pelayanan Gigi

2. Laboratorium

3. Pemeriksaan Mata                                                          Audiologic Equipment

4. K I A                                                                                       BP/lansia

5. Ambulance

Lingkup Pelayanan

A. Lingkup Pelayanan Puskesmas Wates meliputi:

1. Upaya Kesehatan Perorangan(UKP), dalam gedung

2. Upaya Kesehatan Masyarakat(UKM), luar gedung

1. Upaya Pelayanan Kesehatan Perorangan Puskesmas Wates:

Pelayanan Rawat Jalan.

Balai Pengobatan

Buka setiap hari kerja : pukul 08.00 – selesai

Melayani :

  • Pemeriksaan Calon Jemaah Haji
  • Pemeriksaan calon pengantin pria / wanita
  • Pemeriksaan pengobatan dasar
  • Pemeriksaan dan pengobatan TB serta kusta
  • MTBS
  • Pembuatan surat keterangan sehat / sakit

Balai Pengobatan Gigi

Buka setiap hari kerja : pukul 08.00 – selesai

Melayani :

  • Pengobatan gigi
  • Penambalan sementara / tetap
  • Pencabutan gigi sulung dan tetap
  • Pembersihan karang gigi

Poli Kesehatan Ibu dan Anak

Buka setiap hari kerja : pukul 08.00 – selesai

Melayani :

  • Pelayanan ANC
  • Pemeriksaan pap smear
  • Pemeriksaan KB
  • Imunisasi
  • Pemeriksaan kehamilan

Laboratorium

Buka setiap hari kerja : pukul 08.00 – selesai

Melayani :

  • Pemeriksaan dahak / sputum
  • Pemeriksaan Glukosa dan Cholesterol
  • Pemeriksaan Uric Acid
  • Pemeriksaan   urine lengkap
  • Pemeriksaan tes kehamilan
  • Pemeriksaan golongan darah

Poli Konsultasi Gizi,Sanitasi

Buka setiap hari kerja : pukul 08.00 – selesai

Melayani :

  • Penyuluhan gizi
  • Pemberian vitamin A, Fe, Yodiol, PMT
  • Konsultasi Rumah dan lingkungan sehat
  • Konsultasi kesehatan Reproduksi Remaja

Poli Mata dan Lansia,dan Tindakan Khusus

Buka setiap hari kerja : pukul 08.00 – selesai

Melayani :

  • Pemeriksaan  untuk pasien lansia tersendiri
  • Pemeriksaan refraksi,tonometri dan kesehatan mata
  • Tindakan bedah minor,rawat luka,debridement,jahit luka,dan lain-lain
  • Pemeriksaan Kesehatan telinga

Pemeriksaan Telinga menggunakan alat Audiologic equipment

Poli MTBS dan DDTK

  • Melayani pemeriksaan Kesehatan Anak
  • Melayani pemeriksaan Deteksi Dini dan Tumbuh Kembang anak/balita

Apotek

Pelayanan Resep obat dari bagian Poli Gigi. Balai Pengobatan, Ruang KIA, Gizi

2. Upaya Pelayanan Kesehatan Masyarakat Puskesmas Wates, antara lain:

  • Promosi Kesehatan mata dan gigi anak sekolah,promosi kesehatan lansia
  • Posyandu Balita (26 posyandu balita)
  • Posyandu Lansia  (22 posyandu lansia)
  • UKS ( 7 SD,1 SMP,3 SMU/SMK)
  • Pemeriksaan Kes anak prasekolah di PAUD
  • Pemeriksaan kesehatan ,gigi dan deteksi dini tumbuh kembang anak di TK
  • Pembinaan Peran serta Masyarakat
  • Poskesdes
  • Desa Siaga
  • Pembinaan Pengobat tradisional dll

Untuk memudahkan pelaksanaan manajemen program maka upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Puskesmas dikelompokkan menjadi beberapa Upaya Pokok Program Pelayanan Kesehatan:

a. Program Pokok

  • Promosi Kesehatan
  • Upaya Kesehatan Lingkungan
  • Upaya Perbaikan Gizi
  • Kesehatan Ibu dan Anak
  • Keluarga Berencana
  • Pemberantasan Penyakit Menular
  • Pengobatan

b. Program Pengembangan Inovatif:

  • Upaya Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja
  • Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut
  • Upaya Kesehatan Usia Lanjut
  • Upaya Kesehatan Kerja
  • Upaya Kesehatan Mata
  • Upaya Kesehatan Jiwa
  • Perawatan Kesehatan Masyarakat
  • Upaya Kesehatan dan Tumbuh Kembang Balita

B. Jadwal Pelayanan

Layanan Unit Rawat Jalan (Puskesmas Induk dan Puskesmas Pembantu):

  • Buka Setiap hari kerja.
  • Hari Senin sampai dengan Kamis               : 08.00 – 12.00 WIB
  • Hari Jum’at:                                                        : 08.00 – 11.00 WIB
  • Hari Sabtu                                                           : 08.00 – 11.30

C. Tarif Pelayanan Puskesmas

Tarif Pelayanan gratis untuk pelayanan kesehatan dasar bagi warga kota Mojokerto maupun masyarakat miskin, apabila ada tindakan dikenakan tarif sesuai PERDA kecuali masyarakat miskin bebas biaya

Alur Pelayanan

Alur pelayanan di Rawat Jalan

Penutup

A. KESIMPULAN

Kualitas Pelayanan Puskesmas Wates Kota Mojokerto sebagai puskesmas induk baru semakin meningkat, seiring dengan berkembangnya :

  • lingkup pelayanan dan jumlah serta kualitas SDM tenaga Puskesmas yang juga semakin meningkat setelah mengikuti pelatihan –pelatihan yang relevan sesuai tugas pokok dan fungsinya, sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan prima kepada pasien / masyarakat Kota Mojokerto
  • penambahan dan perbaikan sarana dan pra sarana sebagai puskesmas induk

Demikian Profil Puskesmas Wates Kota Mojokerto ini telah kami buat, dan kami berharap dengan adanya Puskesmas Wates di wilayah Kota Mojokerto ini, dapat bermanfaat bagi  kesehatan masyarakat

B. SARAN

  • Perlu adanya motivasi dan kerjasama dengan masyarakat Kota Mojokerto dan Instansi terkait agar tujuan didirikannya Puskesmas Wates Kota Mojokerto bisa tercapai.
  • Perlu adanya dukungan dana dari Pemerintah Kota Mojokerto demi terciptanya kelancaran kegiatan Puskesmas  Wates Kota Mojokerto
  • Perlu adanya pembinaan dari Dinas Kesehatan Kota Mojokerto secara berkala untuk memantau perkembangan puskesmas Wates sebagai puskesmas baru
  • Perlu perbaikan sarana fisik untuk pengembangan puskesmas induk

Comments are closed.